hujan masih malu-malu

rabu malam, 8 Oktober 2008, hujan mengguyur hampir hampir seluruh jogja, tak terkecuali wilayah gunung kidul. ya, ini adalah kali kedua setelah dua minggu lalu hujan merintiki jogja. tapi tidak bagi wilayah gunung kidul itu. hujan malam itu adalah kali pertama terjadi di (mungkin) akhir musim kemarau kali ini. maklum saja, di musim itu wilayah yang ada di tenggara propinsi daerah istimewa yogyakarta itu begitu gersang meranggas.

keesokan harinya, di gunung kidul itu saya bertemu dengan warga sana, sebut saja namanya pak kardi. wajahnya bersemangat. tampaknya ia hendak ke kota terdekat. “mau beli bibit padi di patuk, mas..” begitu katanya.

patuk adalah sebuah kota kelas kecamatan di gunung kidul. letaknya paling pinggir dan terdekat dengan kota jogja. dengan sepeda motornya, bapak berumur 55 tahun itu pun bergegas menuju toko bibit padi untuk sawahnya.

satu musim kemarau kemarin, praktis sawah pak kardi itu nganggur. lahannya yang tipikal sawah tadah hujan itu di’bero’kan atau tidak di ditanami apa-apa. di’cuek’in..🙂 tak ada yang banyak dilakukan untuk sawahnya itu. penantian datangnya hujan adalah harapan. lantas, apa yang pak kardi lakukan di kala kering begitu?

ia mengolah satu sawah yang ada di salah satu daerah lembah. luasnya lebih sempit, tapi beruntung terdapat aliran air karenan dekat dengan “tuk”, sumber mata air tanah. tak ada soal suplai air akibat perubahan musim.

berbeda dengan beberapa orang lainnya. di musim kemarau, mereka banyak beralih fungsi. ada yang menjadi jualan kayu bakar, membuat arang, dan buruh apa saja di kota.

dan kini, hujan yang nampaknya masih malu-malu itu sudah menyapa mereka. meski begitu, itu cukup melegakan mereka. semoga hujan itu tak lagi malu-malu..

foto pinjam tanpa ijin dari sini. maaf.

6 responses to “hujan masih malu-malu

  1. jakarta juga udah mulai hujan, kang. katanya sih peralihan musim, belum masuk musim hujan beneran. tapi saestu melegakan😀

  2. Semoga hujannya ndak malu2 mengguyur kawasan yang susah air seperti Gunung Kidul biar lahan2 yang nganggur segera menghasilken. Amin..

  3. dan sampeyan mulai ngeblog lagi, ah senangnya😀

  4. semoga pak kardi dan temen2nya bisa cepet nggarap sawah lagi

  5. lagi musim kemarau tapi ga jelas sekarang musimnya

  6. salam persahabatan…. sepertinya udah ga aktip ngebloh lagi ni..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s