choice

PILIHAN DAN MEMILIH

mas ini bertutur tentang single dan jomblo. bolak-balik saya baca tulisannya. sepertinya bukan itu inti yang mau beliau sampaikan. tapi lebih hakiki dari itu, yaitu hakikat hidup: pilihan hidup, memilih hidup dan sekitarnya. kalo soal jomblo-single, yang saya tahu juntrungannya adalah sama. filing dhewek’an, sendiri, alone, sepi, solitude, dan apalah sebutan untuk itu.. hemm..

saya pernah baca sebuah cerita yang menarik bagi saya. saya lupa jalan ceritanya. tapi kurang lebih begini cerita yang saya [re]karang:

ps: maaf jika ceritanya dibikin rada ngeriii..

singkat cerita..

seorang laki-laki untuk harus menerima jalan hidupnya dengan hukuman mati dalam bentuk hukuman pancung. [kira-kira] begitulah isi putusan pengadilan itu. soal apa perbuatan yang telah dilakukan ndak usah lah dibahas di sini. karena itu bukan intinya..😀

kembali cerita..

seminggu setelah putusan itu.

entah apa dan kenapa, sehari menjelang hari eksekusi hukumannya, pengadilan ingin memberikan pilihan cara hukuman lain. mungkin pilihan yang dianggap lebih manusiawi dan beradab. maka, digelarlah proses peradilan lagi.

di pengadilan itu, banyak warga kota hadir untuk menyaksikan proses peradilan itu..
sang hakim: “saudara telah dijatuhi hukuman mati dengan dipancung di alun-alun kota. tapi kami ingin memberikan pilihan yang lain, yaitu hukuman gantung.”

tanpa menoleh pada sang hakim, laki-laki itu menjawab sinis, “owhh.. anda memberikan saya pilihan..”

sang hakim, “ya. setimpal dengan perbuatan anda, bukan?

laki-laki itu diam saja.

bagaimana? anda ingin yang mana?” tanya sang hakim.

laki-laki itu diam beberapa saat. ruang pengadilan itu serasa menjadi demikian angker. seluruh warga yang antusias yang hadir di pengadilan itu juga terdiam bisu tak bergerak. hening..

setelah menghela nafas pendek, terdiam menjawab datar..
yang saya tahu adalah saya akan mati… terimakasih karena anda sudah memberikan dua pilihan itu. tapi, bolehkah saya memilih sendiri cara kematian saya sendiri?

apa itu?

yang pasti bukan kedua PILIHAN yang anda tawarkan itu..

sang hakim terdiam..

***

hemmm,” begitu guman saya waktu itu dan sampe sekarang..

+ gambar minjem tanpa ijin dari sini.

9 responses to “choice

  1. hehehe saya senang dengan laki-laki itu memilih cara kematiannya, cerdas dan bernas😀

  2. hmmm….aku kok merasa bodo karena ga nangkep isi pesennya, ya? tolongin…:D

  3. hhhmmm jadi milih opo? ngombe baygon? duh marai penasaran ae. ga mudeng

  4. jomblo single itu kan preambule mbah hehehehhehe😀

  5. saya juga ngga tau pesen nya :D:D
    pokoknya jangan milih digantung.. hasilnya pas mati melet.. jelek banget

  6. mestinya judulnya pilihan dan membuat pilihan😀

  7. mbah…aku jadi bingung..arep milih apa ya. atau aku boleh milih “BEBAS” ???

  8. gantung/pancung ??
    keduanya kan sadis.. jadi vote ?

    atau aja deh..

Leave a Reply

