Jawa – Flores, Siapa yang Bodoh?

mbahatemo: ini cerita tentang peristiwa nyata yang senantiasa membuat saya dan teman-teman ngakaak jika mengingatnya. terjadi sekitar 7 tahun lalu di salahsatu ruang senat mahasiswa di kampus ini. kebetulan teman ini sudah menceritakan. jadi saya ndak perlu repot bercerita. dengan ijinnya, copy-paste pun saya lakukan.

Jawa – Flores, Siapa yang Bodoh?

Cerita tentang bahasa yang menimbulkan kekacauan kecil. Semasa aktif di Senat Mahasiswa, saya punya teman dari Flores bernama Bastian dan seorang Jawa tulen bernama Novan.

Siang itu di ruang Senat, Novan berencana keluar untuk makan siang.
Bastian : Van, titip makanan yah?
Novan : Mau makan apa, Bas?
Bastian : Apa aja deh, pokoknya jangan sama ikan. (Bastian alergi ikan).
Novan : Okey!

30 menit kemudian…
Novan : Ini, Bas. (sambil nyerahin bungkusan kertas warna coklat).
Bastian : Thanx, Van. (dibukanya bungkusan, siap untuk menyantap).

Tiba-tiba…
Bastian : Lho Van, gimana sih? Kan aku bilang jangan sama ikan. Ini koq malah isinya sayur sama ikan?
Novan : Lha kan kamu yang bilang sendiri, pokoknya jangan sama ikan. Yaudah, aku belinya sayur sama ikan. (Dalam bahasa Jawa, jangan berarti sayur).
Bastian : Maksudku tuh jangan pake lauk ikan!!!
Novan : Lha iya bener, ini kan juga jangan pake lauk ikan!!!
Bastian : Aku kan gak doyan ikaaaannnnn!!!
Novan : Lha mbuh, kowe pesene jangan karo iwak koq! (ya nggak tau, kamu pesennya sayur sama ikan koq)

Saya cuma geleng-geleng sambil tertawa dan berpikir, siapa sebenarnya yang bodoh…

mbahatemo: entahlah, saya selalu tertawa ngakak ketika ada teman yang bercerita soal itu. yang saya tahu, bastian benar-benar tidak menyentuh (baca: makan) ikan tersebut. dan semua orang yang ada di situ ngakaakk semua.. bastian dan novan di manapun kalian berada, apakabar?😀

silakan baca cerita aslinya di sini.

20 responses to “Jawa – Flores, Siapa yang Bodoh?

  1. wakakaka…soal ‘jangan’ ini emang selalu lucu. bener2 deh….

  2. ibu kost: ini nak, silakan dimakan. ini ikan, ini ayam, ini tempe goreng. yang ini JANGAN.

    anak kost: ……..

    ibu kost: ayo nak, kok cuma nasi sama lauk toh?

    anak kost: katanya yang itu JANGAAAANNN….

    hyahahaha…..

    iya.. benar2 mirip pilemnya dono-kasino-indro itu..😀

  3. huehehehe… :ngakak mode on:

  4. iki wis umum…
    “monggo dahar mas, iki sego, iki jangan, iki sambel, sak onoke ae…”

    jadilah orang itu makan dengan nasi dan sambel thok😀

  5. jangan-jangan njenengan ….. njenengan bukan jangan kan **halah**

  6. yang bodoh yang jawa nya.. kan kontek yang dipake adalah bahasa indonesia. . .

  7. kekekekeke postinge lucu komen yo lucu, aku ngakak dobel kakakakaka

  8. :)) ngakak deh, yang satu pake bahasa indonesia, yang laen pake bahasa daerah. Makanya nasionalisme-nya harus dikembangkan nih🙂 Ingat sumpah pemuda😀

  9. wakakakakkk…!!!

  10. HuaHahahah…. lucu lucu mbah…

  11. kekekeekekeke..
    ih sara :p

    keduanya temenmu kan?😀

  12. ahahahahahah konyol konyol..

  13. walah…isuk-isuk mbuka dagelan…haha

  14. Waduhhh.. kalo ngomong ma orang daerah lain ya mbok ora dipake boso daerahe. Pake bahasa Indonesia

  15. jadi inget klo orang bali manggil ibunya meme, klo agak mantep dikit bisa jadi kata2x yang bermakna negatif terutama buat orang diluar bali😛

  16. kok sukanya nyari sapa yang bodoh. dua-duanya pinter, dan nggak layak untuk ditertawakan.

    *berniatmenebarbibitrasabersalah* hihi

    lha situ analisisnya kejauhan kok, mas..😛
    *utk yg ke-11 kali nya mbaca ulang postingan..*

  17. wasyuuuuu..marai ngguyu kemekelen nek kelingan kejadian iki…

  18. ndagel…kakakakakkaka…

  19. bersatu padu (indonesia – jawa)
    piye jal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s