pesan 5758

mual mules..
perih kembung..
p**mag obatnya..

iya, perut saya kok njebebeg begini ya? (mbuh, bahasa indonesianya saya ndak tahu). dan saya jadi ingat jingle iklan radio itu. waktu sd, saya sering terpaksa harus mendengarnya. jingle tersebut dulu sering nongol di jeda cerita kolosal ciaatt-ciaatt-nya mas brahma kumbara dan mbak dewi mantili (saur sepuh) yang kondang pada pertengahan tahun 1980an. lakon yang diperan-suarakan oleh ferry fadli itu punya ilmu sakti tiada tanding di seantero donyah persilatan, yaitu ‘ajian serat jiwa’. karena kesaktian itulah, kemudian mas bram menjadi raja di kerajaan madangkara. oh iya, mas bram punya kendaraaan terbang. eh, bukan nding.. bukan kendaraan, tapi sejenis manuk raksasa. saya lupa apa nama manuknya itu. pakdhe yang pakar manuk ini mungkin tahu..

sampekan pesan

kembali ke persoalan mules kembung tadi. ya, begitulah. [pesan] komunikasi produk via medium radio itu cukup berhasil. saya buktinya, obat perut njebebeg itu masih jadi knoled/bren ewernes saya. ingat ‘maag’, ya ingat produk itu. tapi, obat itu saya konsumsi atau ndak, saya ndak ngomong.

sampekan pesan

(edited! maaf, sub ini tadinya salah taruh.. thanks, kancutmerah yang ada tekeknya😀 )

radio memang punya kekuatan luar biasa pada era-nya dan mungkin sampai sekarang. di indonesia, pesan pidato presiden soekarno waktu itu juga menggunakan medium radio. lain lagi dengan lagu penyanyi legendaris (alm) gombloh. gara-gara beliau mendengar lagu kesayangan kekasihnya diputer di radio lalu dia menelpon. walau akhirnya lagu di radio itu membuat gombloh jadi kuciwa dan lantas menggadaikan cintanya. (sampeyan tahu ndak itu di cabang mana?). ya ya ya ya yaya.. halahh

di amrik sono, siaran radio berjudul Invasion from Mars tahun 1950an sempet mbikin heboh dan kepanikan publik. akhirnya acara itu dianggap menyampaikan pesan bohong. ufff, inikah yang disebut sebagai epek mass communication?

televisi pun begitu. begitu ngosak-asik jagad informasi dan hiburan. contoh simpelnya; para selebritis artis yang lagi mau ngeluarin album atau sinetron, biasanya bikin gara-gara yang hueboh di inpotainmen. after itu, orang jelata [kayak saya ini] sudah tau soal si ini dan si itu yang mau ternyata ngeluarin album ini atau itu. maaf, contoh yang saya ambil dalam konteks indonesia yang itu-itu saja. lha gimana lagi? apa saya musti mbahas politik bermedia ataupun media berpolitik? huss.. bisa jadi saya malah mual-mules..

medium [blog ] is the message?

sodara2, dalam donyah perblogan ini, konon blog is the new media. menurut sampeyan, bagemanakah mustinya kita bermedia? begitu banyak kebebasan yang bisa kita cicip dan nikmati. kita secara pribadi, boleh nulis apa dan siapa saja. dalam pesan yang sampeyan tulis, isinya boleh sambat, sambit maupun sambut. etika? saya ndak tahu-menahu soal begini. sepertinya, wagu sah-sah saja jika identitas orang di belakang blog itu adalah bukan yang sebenarnya saja. contohnya, ya blog kayak punya saya ini. (hohoho, yoben..) dan, mbuhlah.. soal beginian mending sampeyan baca buah pikiran mas dan pakdhe ini aja.

sodara2, musti diakui bahwasanya perkembangan teknologi komunikasi kian 5758 (baca= maju mapan). kini, saya jarang sekali mendengarkan radio. genre jurnalisme info[enter]taiment yang kian menjadi-jadi itupun membikin males untuk sekadar nyetel tipi. kentongan kini hampir tidak pernah terdengar di ndeso saya. dulu, saya bisa mengartikan beberapa tanda dalam ritme kentongan yang digebuk oleh pak dukuh (kadus). entah itu artinya tentang bahaya kalo ada maling/garong, undangan rapat, kematian, dsb.

dan maaf, sekarang mau ndengerin radio dulu ah..

OOT: saya ndak tau apakah internet itu bisa disebut sebagai perkembangan teknologi komunikasi (pertekom) atau bukan. dosen rada senior di komunikasi ugeem (yang berinisial a.n.a.) itu menyatakan bahwa internet bukanlah satu pertekom. hemm.. peradaban yang mbikin saya tergumun-tergumun dan mual-mules.

ilustrasi dan sini dan sini.

4 responses to “pesan 5758

  1. ternyata sak-retengan umur karo aku..hehe

    jaman saur sepuh dulu yang paling tak doyani ya lasmini, dengan suaranya yang serak serak sember bikin rojo lan anake ketulupan bin ndlongop mergo ngiler—>lo malah bhahas lasmini yo..habis tulisanmu iki di luar jalur utekku..maaf yo =)

    sing ngrungokke radio plonga-plongo yo?😀

  2. tapi dgn internet bisa juga dengerin radio kan, mbah…walaupun kebanyakan streaming luar negeri😛

    akeh le klelep je..😀

  3. 5758 (baca= maju mapan), kok iso tho mbah???

    li-MA tu-JU-h li-MA dela-PAN, kang..

  4. tekek.
    aku dari tadi mencoba naik-turunin scroll di mouse ku untuk mencari kaitan weteng njebebeg dengan pertekom itu.

    tekek munine ganjil po genep?😛

    itu lho ngger.. radio-tipi-internet..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s