makan enak

iya, siang ini saya ‘makan enak’ di warung mbok wignyo yang populer dengan ‘warung mbok wig’ di kampung demangan jogja. dulu (dan sekarang masih ada), warung yang ada di kampung sebelah barat sekolahan saya adalah favorit saya dan teman-teman saya.

hampir setiap hari saya makan siang hari di sana. begitu bel sekolah berbunyi sebagai pertanda pulang sekolah, maka kekeroncongan perut harus dijawab. sampe-sampe ndak ada kepikiran untuk terlebih dulu pulang ke kost yang (padahal) jaraknya cuman 200an meter.

‘makan enak’ adalah keyphrase yang menunjuk satu menu yang luar biasa uenak bagi saya dan teman-teman. nasi + sayur sop + empal bacem goreng + tempe mendoan + sambel + teh anget.

begitu terdengar ajakan, “ayo, makan enak..” maka jelas, menu itulah adanya.

“empal karo tempe loro, mbok..” begitu pesan menu makan enak sayur sop + empal bacem goreng + tempe mendoan + sambel itu.
(empal sama tempe dua, mbok)

yang ditanya akan nanya balik “nggo sambel ora?”
(pake sambel ndak?)

karena sambelnya kondhang pedhes pol-polan dan paling bisa bikin sumuk gembrobyos, maka pertanyaan mbok wig harus dijawab “nganggo, mbok.. ning sithik wae..”
(pake, mbok.. tapi dikit saja)

dan siang ini saya sumuk gembrobyos lagi.. kotoss kotosss.. fiiiuuuhhhh…

11 responses to “makan enak

  1. ooo nostalgila tho…menu enak saya sego+tempe penyet samping kampus di Malang dulu…kangen banget dan skrg udah ga ada.

  2. mangan enak ki pas luwe, mangan opo ae enaaaakkk

  3. padahal kalo kerja ga pernah kringetan, giliran makan sampe gembrobyos😀

  4. kapan-kapan Ade diajak makan bareng ya mas…

  5. (jumari:) tambah maleh mbok , nanging mboten ngagem santen , daging , gulo pasir … soale’ kulo pon tuwo je’… niku rak golongane’ kolestrol ..

    (simbok:) lha..trusss piyeee meniko…

  6. aku wis tau mrono mbah, uenak tenan.
    Saya : Bakwanne kok legi mbok?
    Si embok : Lha kuwi jenenge gedang goreng mas.
    Saya : OOooo

  7. klo di semarang ada warung makan mbah gobyos mbah😀

  8. emang enak nih… bagi yang mau join fans club sego empal mbok wig, saya buat page-nya di facebook: http://www.facebook.com/pages/Sego-Empal-Mbok-Wig/73589638487?ref=mf

  9. Wah…. makanan ini jadi makanan fav waktu kuliahan, bahkan setelah di jkt, tetePPPPPP!!!!! Bahkan yang lebih parah lagi, waktu hamil anak pertama and kedua, ngidam banget makan di tempat ini… kangen sup plus telur dadar plus sambel plus tempe…. Tau gak ngidam hampir 4 tahun yang lalu baru kesampean sebulan yang lalu (Maret 2009) kacau deh!!! Abis tiap pulang ke Jogja, selalu tutup sih (hihihi pas Lebaran/Natalan) hiks

  10. kalau sekarang harganya berapa ya…

Leave a Reply

