breadtalk vs thiwul

kring.. kring.. ada panggilan di henpon saya..

terjadi percakapan antara saya (#) dengan penelpon (@)

# ya?

@ halo, kang.. saya lagi di citraland, mau beli britok buat buka puasa.. situ nitip nggak? 1 biji 5000an..

# britok itu apa?

# roti enak itu lho..

# ooo, breadtalk to? 5000 sebiji itu dah bikin kenyang belum?

@ relatif kecil kok.. kayak yang seribuan seplastik itu..

# ooo tapi kira-kira habis makan bisa pinter ngomong bahasa inggris ndak?

@ wah ya ndak tau.. wis, nggak usah crewet.. mau nitip apa nggak?

# yo wis, saya titip 4 ya? sapa tau nanti ada yang mau..

@ mau rasa apa? ada banyak rasa je..

# woohhh.. apa ya? rasa thiwul deh..

@ jianncukk.. mana ada rasa thiwul?

# yo wis, pokokmen jangan rasa ‘sawo’.. saya pusing kalo ada bau sawo..

@ hahahaa.. sawo ngga ada, kang.. situ itu ada-ada saja..

# yo wis, apa saja lah..

@ ok, gitu dulu kang..

# ok, saya tunggu.. matursuwun..

breadtalk.. apapun namanya, tetep saja itu roti. saya tahu pertamakali di plaza ambarukmo. udah pernah makan? pernah satu kali. itu pun dikasih dengan bangga sama teman saya. karena pas makan saya ndak komentar apa-apa, teman saya ternyata berharap saya berkomentar tentang roti yang dibawakannya.

“tau nggak? itu roti enak.. breadtalk loghhh..” katanya dengan bangga.

“oooo, begitu ya?” tanggap saya. ahh.. tetep saja, saya menganggap itu seperti kebanyakan roti yang lain.. roti ya roti.. “luweh!” begitu saya mbatin.

sodara2,

saya jadi ingat ‘thiwul‘.. makanan dengan bahan dasar tepung singkong, gula merah dan asesoris parutan kelapa ini merupakan salahsatu favorit saya.

dulu.. halahh.. waktu saya masih SD dulu, mboklik saya (simbok cilik atau tante) mempunyai kebiasaan ke pasar seminggu sekali. jam 6 pagi, beliau berangkat dari rumah. karena selalu lewat depan rumah saya, beliau selalu mampir dan bilang begini sama saya, “simbok arep menyang pasar. njaluk dioleh-olehi opo, ngger?” (tante mau ke pasar. minta ole-oleh apa, nak?)

“thiwul yo, mbok..” begitu pinta saya.

dan praktis, setiap seminggu sekali saya selalu makan thiwul yang selalu saya pesan sama mboklik saya itu dan sudah menjadi kebiasaannya mengoleh-olehi thiwul. saya ingat betul thiwul itu dikemas dengan dipincuk daun pisang dan berbentuk menyerupai sedan..

sodara2,

kalo saya boleh nggambleh.. breadtalk dan thiwul adalah sama-sama makanan tetapi direpresentasikan berbeda dan relatif cukup tegas. menikmati roti asal singapura sekilas saya terbujuk dalam imaji bahwai’m a modern people..

hal yang lain adalah menyeruput secangkir kopi di starbuck/o la la dan secangkir kopi tubruk (bercap ‘kopi joss’) di angkringan lek man di sebelah stasiun tugu jogja–yang saking ramenya mulai tidak begitu menyamankan itu. tempat tersebut sama-sama menyediakan kopi. hanya saja, ada imaji yang membedakan.

haduhhh.. saya kok jade serius begenee seh? ah, barangkali saya tidak cukup arif ketika ‘bersetubuh’ dan ‘bersenggama’ dengan modernitas yang tidak bisa dihindari ini. hanya saja, thiwul lebih bisa saya nikmati.. bagaimana dengan sampeyan?

ilustrasi punyak sini.

19 responses to “breadtalk vs thiwul

  1. aku lebih doyan endog tuh

  2. saya juga pernah dikasih britok sama temen kantor saya. ndak saya habisin soalnya pas saya makan baru habis setengah udah eneg. Mendingan pisang goreng kok..

    britok rasa apa kang? ‘rasa cangkeman’ ya? wakakakakkakk

  3. thiwul..
    lama banget ndak makan thiwul..
    traktiiiirrr…!!

  4. nek gratisan britok kui terasa wenaaaaak tenaaaann

  5. ah, saya sih apa aja masuk, kok. fleksible aja. thiwul saya ya doyaaannn, breadtalk juga ayoooooo….

    (ada gak ya, breadtalk rasa TEBU? saya kangen ngremus tebu hasil nyolong kayak jaman masih kecil dulu…)

  6. Selama ini sih belum pernah makan Breadtalk yang bayar sendiri…selalu dibayarin. Lha saya baru mampu bayar thiwul je😀

  7. Besok saya temenin nyari bretolk mbah… kayaknya situ doyan banget makan bretolk..

    Banyak kok mbah, besok nyari di citos ya mbah…ngerti citos ngga sampeyan?

  8. Sesok Thiwul coba di kemas “branding” nya dan dibuat adonan Thiwul ajaib – lebih enak dari Breadtalk😀 – tinggal butuh tangan2 kreatif aja kok.. untuk menyulap thiwul..😀

    “Thiwul – the original and the best!” :p

  9. ya ampun. ternyata ada rasa baru di britok yo. sepotong roti abon britok rasa thiwul. .😛

  10. yang bikin saya gumun koq sejarah’e sami sedoyo nggeh mbah.

    Bungkus tiwul memang pake godong pisang mbah , tapi ya kaya sedan lahh.., sampeyan iki mekso.. , ngono nanging yo ojo ngono tho..🙂

    ada yang nyolong tebu hehehe…menclak sepur yang lewat ya.. , saya pernah sampe’ diuber sama masinisnya .. Soale’ sepurnya lagi berhenti langsir. ..eh sepur tebu ngga pake langsir ding ya..pokoknya lagi berhenti…(lagi nguyuh kali ya mbah supire’)

  11. koreksi : bungkus tiwul maksute ngga kaya sedan .
    (huruf: ngga nya ketlingsut)

  12. ah saya suka breadtalk… lembut rotinya
    dan selalu menjadi penggemar tiwul…

    yeah.. hail tiwul😉

    *im a food lover*

  13. @mas jsop:
    kalo saya maling tebu dari truk tebu yang lewat, langsung dudut dari treknya, yang seru kan perjuangan nguber truk yang jalannya ngos-ngosan keberatan tebu hehehehe

  14. secara perut saya semua saya sikat mbah..apalagi yg gratis lebih manis rasanya…🙂

  15. enakan tiwul mbah ga bosen .kalo bisa tiwul dimodifikasi dengan berbagai seperti keju strawberi atau kinco dan dikalengkan mungkin bisa diekspor hidup tiwul

  16. Mbok ya kalu bandingin tuh yang britok ma britney gituuu😀

  17. waaalah mbah njenengan malah mingin mingini aku, …dadi kepingin mangan thiwul, wis suwe ora nemu thiwul…..ndeso yo ben sing penting …nikgematt tuennnaaaan….

  18. mbah kulo tambah gumun niki, mas Yockie nggih taksih kemutan thiwul…..he..he. salam tepang mas.

  19. bread talk rasane pripun mbah?
    nek thiwul udah kekenyangan waktu di gunungkidul:mrgreen:
    daripada makan di citraland, ha mbok makan di deket UNTAR itu saja banyak warteg dan mbak-nya sip-sip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s