hari pertama

catatan hari pertama bulan puasa.

tahun ini saya memulai hari pertama puasa di jakarta.

pagi tadi, uthuk-uthuk, jam tiga pagi, saya sama teman saya ‘berdjoeang’ mencari warung makan. bukan perdjoeangan nyari warungnya yang susah, tapi melawan penjajah kantuk saya yang menjadi-jadi..

singkat cerita, setelah sahur, saya tidur.

karena kerjaan saya sudah selesai, saya ndak menuliskan pesan agar saya dibangunkan lebih awal sama pak obe di kantor ini.

terbangun agak siang (eh, sudah siang nding..) dan kantor ini sudah ‘ramai’. saya lalu berjalan agak mindik-mindik ke kamar mandi. saya juga heran, tumbenn.. kenapa pagi ini saya agak malu ketahuan kalo belum mandi ya?

byurrr byurrr..
byarrr byurrr..
byarrr byurrr..
suueeggeeerrrr

mandi cepat pun selesai dilakukan. setelah merasa agak ganteng, saya kembali ke meja mburuh saya. seperti biasa, segelas ada kopi tubruk sudah ditangkringkan di sebelah leptop saya sama pak obe yang super rajin di kantor ini.

hemm.. seperti biasa pula, saya langsung srupuutt dan sluuurrrpppp.. aahhh…

tiba-tiba ada suara menegor saya.

“lhoh pak? kok minum?”

“haaaaaaaaaaagghhhh..” saya tersedak.

“glekhh..”

haduhh, puasa hari pertama saya telah batal..

beberapa saat kemudian, pak obe duduk di kursi di belakang tempat duduk saya. seperti biasanya dia selalu membuka pembicaraan dengan pertanyaan, “lagi ngapain pak?”

dan seperti biasa pula, saya menjawab, “lagi maen komputer..”

ahaa.. saya ingat tragedi kopi tadi.. lalu saya berucap, “pak.. ada yang luar biasa pagi ini.. racikan kopi dan gula sampeyan ueenaaakkk naaannn.. mantepp!”

yang saya puji bukannya senang.. eee dia malah kaget..

“ooo iyaa ya… maap pak.. saya lupa kalo hari ini udah puasa.. aduhhh, keterlaluann..” begitu lanjutan kekagetannya sambil kedua tangannya memegang kepalanya. (halahh, pak obe ini terlalu mendramatisir..)

surprise.jpg“lhoh? sampeyan puasa ndak to?” tanyak saya.

“ya puasa donk pak..” jawabnya tegas.

“ooo.. bagoosss ituhh.. hari ini saya udah ndak puasa kok..” kata kelu saya.

“lhoh? gimana sih pak? kalo ga puasa dosa lho.. itu kan wajib hukumnya,” katanya dengan tenang.

eeyyaalahh.. saya malah diseneniii.. ampyunn dije.. (diseneni = dimarahin)

belum sempat saya menjawab dia nerocos lagi, “iya bener pak.. besok habis lebaran, bapak musti ngeganti puasa yang batal..”

wuihhh.. saya kian terpojok dengan serbuan bak ‘total futbol’nya ituh.. saya cuman bisa berkata, “iya pak.. makasih ya sudah dikasitau.. sampeyan baik deh..”

kamsia… kamsia… hikss!

ilustrasi kopiraitnya ada di sini.

9 responses to “hari pertama

  1. pertamax!

    lumayan pakdhe, dapet kopi😀

  2. Hari kedua misih dibuatin ngga mbah..?

  3. oalah mbah… dosamu kok akeh (banyak) banget… kudune (harusnya) di bulan suci ini kan situ puasa… eh malah ndak puasa… wekekeke

    Besok sahur jam berapa mbah?

  4. klo ga sengaja bukannya masi bisa nerusin puasa mbah? hehehehe

  5. Sampeyan enak batalnya di pagi hari, lha temen saya hanya sekitar dua menit mau mahgrib batal. Gara-gara kelepasan minum yang disediakan di restoran menjelang buka😀

  6. Mbah itu emang gak sengaja atau karena udah agak-agak pikun ya mbah
    Hehe, tp seperti itu dah banyak terjadi di jaman sekarang ini kok mbah, jadi banyak temennya.

  7. lha nek lali mosok batal? nggak kan? katanya itu malah rejeki, pokoke langsung dimuntahin yg dimulut itu.

  8. lhoh.. sampeyan kan lupa.. ya ndak batal lah.. walopun sengaja…

  9. ho oh ki, kan masih bisa diterusin puasanya. namanya juga lupa…

    *mbayangke ngombe kopi panas isuk2..hmmmm….jangan2 sampeyan cuma PURA2 LUPA !! hueheheh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s