sesuatu itu something

something.jpgsodara2..

mendefinisikan tentang ‘sesuatu’ sepertinya memang tidak mudah, meski ‘sesuatu’ itu sering kita dapati sehari-hari. ini lho.. itu lho..

pernahkah sampeyan kebingungan ingin menamakan sesuatu itu? atau ketika sampeyan coba mengerti maksud seorang anak kecil tentang ‘sesuatu’ tidak ia ketahui.

kejadian berikut menurut saya cukup ndagel dan menarik.

ali.jpgsaya mendapati seorang anak kecil yang ingin menjelaskan satu hal tapi bingung menjelaskan? anak ini (foto sebelah) bernama ‘alisha’, simboknya orang endonesa dan bapaknya orang enggres. kalo bicara logatnya rada aneh. jawa bukan, indonesia bukan, enggress pun bukan. ya, logatnya alisha..

berikut ini petikan pembicaraannya dengan simboknya.

“mami, ada orang jualan ‘sesuatu’. mami beliin ya?” kata alisha kepada simboknya.

“lhoh? ‘sesuatu’ itu apa, hanih?” tanya simboknya.

“itu lho, mami.. yang jual ada di sebelah sana..” alisha ndak mau menjelaskan pertanyaan simboknya.

“ya, sudah.. yang jual dipanggil ke sini aja..” kata simboknya.

alisha pun lari keluar ruangan, lalu terdengar logat lucunya memanggil si penjual.

‘beliiii…’

semua yang ada di kantor itupun pada clinguk’an penasaran tentang sesuatu itu. sesuatu? something? halahh, opo to kuwi?? saya tanya sama simboknya, “kok ‘sesuatu’ to, mbakyu?”

ibunya njawab dengan logat suroboyo-nya, “iyo, mungkin wae ia gak tau namanya. atau, mungkin wae males menjelaskan tentang ‘sesuatu’ itu..”

“hahaha.. something like this, something like that yo?”

“yo ngono iku, niru bapak’e.. iku sing terucap kalo bingung menyebutkan nama barang tertentu..”

“ooo..” saya cuman mlongo saja. saya jadi ingat dulu saya pernah bertanya, “alisha makan apa tuh?” dan ia menjawab, “ini, mbah.. nasi sama lauk chicken wing..”

halahh, bola-bali nek londo.. swiwi! swiwi! (baca: sayap ayam)

beberapa saat kemudian alisha masuk ke ruangan dan membawa ‘sesuatu’ yang dibungkus itu. “ali, apa itu?” tanya teman saya yang lain.

“ini lho, om..” jawabnya dan kemudian menunjukkan tentang isi bungkusan itu kepada setiap orang yang ada di kantor itu. semua pada bingung soal nama panganan itu.

“hehh, kon sing wong jogja. panganan opo iku?” tanya simboknya kepada saya. (heeh, kamu kan orang jogja, makanan apa itu?)

“wah, “yo embuh yo.. saya juga ndak tau je. si alisha sudah bener kok, mbok.. ini benar-benar ‘sesuatu’..” jawab saya karena saya memang ndak tahu tentang nama panganan itu.

“halahh, kon iku podo ae.. njelasno ae males!!” (halahh, kamu itu sama saja. menjelaskan saja males!!)

sodara2,

pernahkah sampeyan mengalami kebingungan menjelaskan tentang ‘sesuatu yang something’ itu?

*) gambar-gambar ilustrasi berasal dari sini dan sini.

10 responses to “sesuatu itu something

  1. sesuatu? sawijining. halah!

  2. di ganti ‘anu’ wae….

  3. ya itulah gaya bicara “ponakan kita”
    tapi mengasyikkan karena tante dan om nya jadi bisa belajar bahasa anak-anak yang nyeleneh….

    apalagi mbahatemo…….

    belum lagi harus ngejawab ” mami kenapa aku dilahirkan jadi perempuan? hayo jawabnya apa…

    ato

    tante kenapa dunia anak itu selalu ceria…..

  4. Coba sampeyan bikin kamus menerjemahkan “sesuatu” itu, mbah😀

  5. hehehehehehe..
    ah sesuatu ya sesuatu mbah, ga perlu dijelaskan toh..😉

  6. mbah, gue punya pertanyaan buat elu:

    “bagaimana kabar ‘sesuatu’ mu mbah?”

    hihihi … bebas interpretasi to?

  7. jd “sesuatu”-nya itu apa?

  8. sering mbah, kalo pengen posting tapi ga tahu mau nulis apa? enaknya judul ama isinya samting gitu ya

  9. bulik' e ke sesuatu

    ‘Sesuatu”nya anak2 memang kaya rasa
    terutama…ponakan kita tercinta ini
    kalo gak ketemu kuangennn
    lek ketemu…weleh repot tenan..ngladeni ne..
    btw… dia anugrah terindah bagi bulek pakleknya…

  10. contoh kasus :

    sayah itu suka yang nganu nganu itu loh..
    yang bisa itu sama ituu..
    masak ndak tauuu sihhh..
    yang ituuuuuuu….!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s