shio ke-13

sodara2, entah apa sebab, dalam perprimbonan per-bintang-an ala china sifat-watak manusia diasosiasikan jenis kewan. itu lho.. yang namanya shio. ada 12 kewan di situ, yaitu tikus, kebo, macan, marmut, naga, ular, kuda, kambing, munyuk, pitik, kirik, dan babi. nah, di antara sederetan kewan itu apa shio sampeyan?

tapi, saya punya teman namanya Kacuk. oleh teman-teman yang lain, ia disebut memiliki shio yang lain daripada yang lain. shio-nya tidak ada dalam daftar ke-12 nama kewan itu. wuih, shio ke-13 kiyek… lhoh trus, shio-nya kewan apa dong, mbah?

dalam sebuah percakapan dalam nuansa gojeg keregojeg unyik — terungkap.. “ah, biasa lah.. si Kacuk ini kan shio-nya ‘lele’..” begitu kata Paijo mengawali pembicaraan soal si Kacuk.

Ikan Lele“kok lele? emang ada shio iwak begitu po?” tolol tanya saya. si Kacuk diam saja. entah kenapa..

“lha iya lah.. lele itu kan licin, sulit dipegang. gerakannya selalu megal-megol, kanan-kiri,” Paijo kian bersemangat.

“ooo,” saya pura-pura paham.

“kadang, kalo kepegang malah matil..” imbuhnya.

matil? halahh… saya membayangkan ketika tangan saya perih kena kepatil lele.

“sik.. sik.. iki seriyus ndak toh? maksute opo ikihh??” tanya saya.

“seriyuss!! lihat saja, kacuk itu kalo janjian apa pernah beres? cuman, ya, ho’oh, siip, wokei, bueres.. tapi di belakangnya ada kalimat, tapi ndak janji lho ya.. atau, tapi aku nanti keliatannya mau nganu je.. habis itu, ngomongnya gremeng-gremeng, diseret-seret biar ndak jelas ngomong apa..”

“owalaahhh.. leda-lede to?!!? ulala.. catfish..

haduh.. saya sulit menjelaskan leda-lede dalam bahasa endonesah. kira-kira leda-lede itu artinya plin-plan lah.., janjinya ndak bisa dipegang.. “janji tinggal janji” deh..

lalu saya tanya pada Kacuk, “cuk, shio-mu bener lele po?”

bagemana jawaban si Kacuk?

“lambemu kuwi!” (bahasa endonesah= bibirmu tuh!!)

lhoh? kok lambeku to yo..

sodara2, percayakah sampeyan bahwa shio dan/atau zodiak kita miliki itu turut menggariskan sifat dan nasib sampeyan? atau, pernahkah sampeyan ditebak atau tertebak perihal bagemana sifat sampeyan. kalo saya sih, seneng-seneng saja kalo ramalan dan tebakan itu mbikin saya senang.

tapi, kalo ternyata ramalan itu hasilnya apik-apik, paling saya bilang, “ooo, begitu ya? hasikkk..” tapi, kalau ramalan itu sedikit-banyak ngawur, uelek plus ndak mengenakkan ati, saya cuman bilang, “halahh, kuthoo!! ngono wae kok percoyo!” atau “huu, waguu!!” atau juga “hasshh.. ateng (sok tau)!!”

konon, zodiak dan shio didasarkan pada waktu kelahiran. akhh, enak ya? terima beres! sayangnya, kita ndak bisa pesen zodiak dan shio yang kita maui dan ingini.

akhirnya,
“syalala lala, apa bintangmu?”
“syalala lala, ini bintangku..”
(lupa lagunya siapa..)

(lupa lagunya siapa..)

yang punya gambar ada di sini dan sini.

17 responses to “shio ke-13

  1. naga-naganya sih shio saya naga.
    kewan sing ra ono wujude, makane wujudku yo rodo mawut. wahihhi

    pantesan..😀

  2. aku sio ne opo yo..*garuk garuk*

    gambar lele ne.. lucu😛

    jangan2 malah welut..😛

  3. ha ha =))
    ………………………………..
    Salam Nusantara!
    Kami mencari Penerima Beasiswa Wirausaha!
    Mohon izin, numpang “kapling”
    Matur Nuwun…..!

    lha monggo aja mas..

  4. aku shio ne wedhus…bintange aries sing notabene logone yo wedhus😦 ..juk piye?..
    Artine opo yo mbah..?

    prengus mas.. wakakakakk

  5. wingi mbahas manuk 95, saiki kacuk halah😀
    shioku ulo mbah hehehehe

    hahahahaha

  6. gambare kok lele sih, nggilani tenan

    nek mateng nggilani ora yu?

  7. hehehe..lucu tenan kuwi mbah..saya juga punya temen,,,nama belakangnya pake kawer-kawer gitu deh,,,yang punya shio lele juga..”wis tuwo ra toto” begitu kadang kita kalo ngasih komentar ke dia…mbuh ah…

    piye mas?

  8. Ah wong njaluk ramalan mesti golek sing apik thok, sing elek ga gelem😀

    nek sak liyane uwong piye mas?😀

  9. iku lagune Ria Rezty Fauzy judule bintangku Bintangmu hihihi..
    baidewai kenapa kucing kok gak masuk dalam 12 shio? Soale tangine kawanen, didisiki tikus. Padahal bengine wes janjian. Kucing murka, mangkane saiki ben ketemu tikus kucing selalu nguber2 hehehe

    wakakakkakkk

  10. saya monyet 😀

    berarti pinter menek uwit ya mbok?

  11. aku juga shio monyet… *langsung berbagi gedhang dengan mbok Venus*
    memang bener-bener kowe anak kethek kata si mamah klo aku nakal dulu…

    wakakakkakk

  12. shio?
    hanya percaya shio nona nya jong ambon wakakakakaka….😉

    halahh

  13. sayah tetep Leoooo…!!

    lha iya lah.. masak mau mutasi??😛

  14. shio ku babi mbah…. nguik.. nguik…

  15. Qmnt drml SHIO Kuda

  16. Shioku jaran, njur pie mbah cerita nasibku…

    Wahhhhhhhhh eneng peramal anyar buka praktek nang kene…

    Ngacir Mode : ON

  17. shio-ku Kunyuk! lahir’e jam limo isuk, bulane desember! jarene mbok’e, aq yo pinter (mbujuk, ngutang, ngeless, ngilang= dudu iso ngilang “cling”, tapi pas di golek’i yo aq seneng’e ngilang-ngilang mbah)
    nek meneurut kanjeng Mbah? piye iki toh? Penak’e jodohne sopo? opo Agnes Monica (soale ket mbiyen durung rabi-rabi, arep rabi thok)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s