gitaris megadeth ngomong jowo

sodara2, foto di samping ini adalah marty friedman, mantan gitaris Cacophony dan group trash metal Megadeth. malam ini saya terkaget dan tergumun-gumun ketika saya jalan2 ke rumah pidio ini. pidio kiriman pak matriphe berisi tutorial gitaris metal yang kini bersolo dan telah mengeluarkan sekitar 8 album. perfomance-nya begitu sangar dengan rambut kriwilnya. namun coba dengar musiknya, hemmm.. uenak.. kental dengan aroma negeri jepang.. terkadang, saya sering membayangkan udara pegunungan di tibet dan dinginnya jepang ketika mendengarkan lagu dan musiknya.. halahh.. opo to iki.. malah ngoyoworo ngene to yo…

sodara2, gimana saya ndak gumun.. lha judul pidio berdurasi 2 menit 23 detik ini juga propokatip “Tutorial Bermain Gitar dalam Bahasa Jawa“. blaikkkkk… marty friedman ngomong basa jawa???

saya pun langsung nyekengkeng pengin nonton tutorialnya. waduh, bahasa endonesanya nyekengkeng apa ya? wah, wis.. wotefer artinyalah.. agak sabar saya menyedot pidio hingga beberapa saat… maklum sampai hari ini pun lagu “Tibet”, “Angel”, “Valley Of Eternity”, “Loneliness” dan “Namida” masih saya putar buat menemani malam sepi saya.. haiiyahhh..

dan ternyata benar..

luukk.. marty friedman eis toking wet japanis lenggueijj… huahahahhahaha..

ini satu kutipkan salah satu pembicaraannya,

“waduh.. sik.. sik.. manukku gatel iki..”

bahasa indonesia= “waduh.. sebentar-sebentar… burungku gatal ini..”

sebagai orang yg berbasa jawa maka saya wajar kalo saya nyekakakk ndak karuan.. begitu seluruh pidio selesai saya tonton saya menutup dengan berguman-gumun, “hwwaaaaasssuuuuiiii…”

tapi pidio ini memang bener tutorial gitar kok… memang bener bahwa di pidio itu marty friedman tetep ngasih pelajaran bergitar.. dan entahlah, barangkali ada kemungkinan sikap marty friedman jika tahu pidio ini. reaksi pertama, senyam-senyum saja mengira dubbingnya sudah benar..
reaksi kedua, bangga dan mendonlod pidio itu lalu mengemas dalam cidi, terus mengirimkannya kepada dedengkot megadeth, mister dave mustaine. ada pesan singkat berjumlah 2 baris dalam secarik kertas.. maklum dia sekarang tinggal di jepang..

baris kesatu: “hai, dave.. ono satu boso planet meneh sing tak kuasai.. mociarr doddoteee…!”

baris kedua yang ternyata dimaksudkan sebagai terjemahannya: “hi, dave.. in this little project, people talk about you lho.. they said that they’re your big fans!”

reaksi ketiga; misuh-misuh atau minimal mengucapkan umpatan: “kurangajar!”, entah dalam basa amriknya ataukah bahasa jepang..

reaksi keempat; datang ke endonesa dan belajar basa jawa agar tau maksudnya..
reaksi kelima; setelah dijelaskan oleh translator, ia malah membanting gitar dan ngambek selama beberapa bulan! ia kecewa karena tutorialnya yang serius itu diterjemahkan dengan keliru..

reaksi keenam; mencari pembuat pidio itu untuk sekedar mengatakan bahwa manuknya ndak pernah gatel dan mandi tiap hari sehingga ndak pernah ada coro (kecoak) di rambutnya..

sodara2, silakan ditonton dan silakan berpendapat..

kalo sampeyan yang mau download silakan berkunjung di rumah pak matriphe itu.

ps: buat pak matriphe dan/atau sampeyan yang terlibat dalam ide maupun proses dubbing pidio ini saya ucapkan selamat.. mantaffff, pakdhe..

gambar diambil dari sini, sedangkan pidionya dari sini.

** muter mp3 “Tibet”, “Angel”, “Valley Of Eternity”, “Loneliness” dan “Namida” dan nyeeessssss **

9 responses to “gitaris megadeth ngomong jowo

  1. wuakakakkk guling2 dari baranangsiang ampe darmaga bolak balik! asli lucu bangetzz, nembe ngerti nek ono kunci M dan B, walhasil MBER!!

    yuxxxxxxxxxx gitare ditekem!!

    ~~~
    wekekekekkek.. yuukkkk!

  2. wakakakakakakakaka…
    *ikutan ndahmaldiniwati*
    ih hebat ih mbah.. ente kok iso2ne nemu..😉
    *kan blogwalking cyn*
    ya ya ya..
    tapi tetep kemasan postinganmu itu asik..
    *ane lg garink abis*

    ~~~
    lagi ndak ada yg bisa diajak gojeg, cyn.. klak-klik.. ngalor-ngidul..

  3. hahaha…saya udah nonton pidio ini sebelum dipublish kemana-mana sama si matriphe. privilege * wink *. asli sampe sakit perut nontonnya :))

    ~~~
    aku malah nganti m3n(23t-m3n(23t jee..🙂

  4. woalah wong gendeng koyok ngono mbok turuti!!!

    matriphe? wong edan kui?!

    ~~~
    woo? kwi kancamu to mas?

  5. diet, yang namanya eyang atemodikoro ini memang edan. wis edan, gumunan maning!😉

    ~~~
    njaluk dicethot lambene iki..😛

  6. sek..sek..mbah, iki ora patio nyambung,,nanging awake’ ka’pekso tanglet si mbah.

    sampeyan kan wis tau wero’h dapuranku’ ta , lha nyong durung tau pe’rso dapuran’ne si mbah.

    mbok , dipajang sedilek mbah..dapuran’ne..jare’ uwong-wong lucu…he’

    kamsia yo mbah.

    ~~~
    xei xei, mas..
    walah.. ndak usah mas… dapuran saya pokokmen ndak mbejaji babar blass.. remok sak remuk-remuke je mas..
    silakan saja sampeyan bebas mau mengimajinasikan dapuran saya ini kayak apa.. kayak munyuk atau tapir juga boleh? kamsut saya, biar diskusi saya dan sampeyan tidak terjebak dalam gambaran visual semata.. menurut saya, yg terpenting adalah saya belajar sama sampeyan aja.. bukan kamsut mau sok mistiriyus walo konon katanya “the most beautiful in this world is mistery”.. haiyahhhh

    ps: kalo boleh tau, sampeyan membayangkan kayak apa sih? halahhh

  7. Huahaha, apik tenan.

    tenane, bu?

  8. gayahahahahha…
    ternyata banyak yang ke-pace..
    saya pas pertama kali juga misah-misuh.. kancaku yg ngebikin cen uteknya agak kopyor..
    edan memang…
    hehehe
    sekarang kanca saya itu kuwalat.. manuke gatel 7 turunan..

    kon tuku pupur dori wae mas..😛

  9. Marty Friedman ale22… Megadeth.. gw sgt menggemari musik2 kyk gitoe loeh..

Leave a Reply

