nasi petani

sodara2…
sampe hari ini sampeyan pasti masih makan nasi.. ndak usyah bo’ong..

saya ndak akan nggamblish soal bagemana perjalanan padi atawa dalam basa enggresnya ‘rice’ ini hingga menjadi sedompol nasi dalam cething sampeyan.. utek saya ndak nyandak..

photo2 tentang aktivitas di sawah seberang desa saya ini berulangkali saya baca.. tapi ndak pernah ketemu kesimpulane (lha wong ceritanya juga ndak jelas..)

yang saya tau mereka lah yang berperan dalam produksi-memproduksi bahan pokok per-nasi-an ini. konon, mereka disebut petani.. entahlah, petani apa buruh tani, yg pasti mereka berjasa bagi kaum pemakan nasi.. apapun dan siapapun itu.. termasyuk saya ini..

nah, sapa tau sampeyan bisa mbuka cuntel ing pikiran saya ini…

paklik dan para mbokdhe ini siang-siang masih berjibaku melawan matahari..

jauh hari sebelum jadi nasi..

menurut sampeyan, mbokdhe dan paklik ini petani atau bukan?

sama, mereka petani atau bukan? yang sedang dilakukan kedua mbokdhe ini kayaknya namanya ‘ngayak’

untitled.. (sampeyan pikir dhewe deh…)

traktor.. pelan-pelan tapi pasti menggeser pakdhe ini…

pakdhe ini adalah pembajak yang tak pernah kena hukum karena membajak sawah..

(halah)

12 responses to “nasi petani

  1. walah.. ga mudeng bacanya…
    anyway, thanks ya dah kasih komen di DBD
    ga nyangka blog seleb kasih komen, hehehe…

    ~~~
    ini cuman blog saleb obat gudig kok mas..

  2. kasihan nasib petani sekarang.. nasibnya semakin ga jelas…

    ~~~
    saya lebih prihatin sama saya karena ndak mampu berbuat apa utk mereka..

  3. Petani memproduksi beras, tapi buat makan nasi justru susah😦

    ~~~
    tragis ya mas..

  4. irons ya..
    yang memproduksi/mengerjakan/membuat output yang sangat berharga untuk orang banyak malah terpinggirkan kualitas hidupnya..

    “whose resources? whose common log?”

    ~~~
    yes, it is..

  5. gak doyan beras…doyannya nasi😀
    lha yo sing menghasilkan kog malah iso gak kumanan, aneh

    ~~~
    salah satu penyebabnya mungkin banyak tikus sawah, mbokdhe..

  6. petani di indonesia, persis ungkapan ‘tikus mati di lumbung padi’. negeri ini sakit jiwa!!!

    ~~~
    mbokdhe ada obatnya ndak?

  7. perjalanan panjang untuk kenikmatan hangatnya nasi yg sering kurang disyukuri; smoga nasib petani bisa menyalip kekayaan para pedagang2 berasnya, pada saatnya. salam.

    ~~~
    salam

  8. Memang kita mesti lebih berterima kasih dengan para petani itu🙂 lebih berterima kasih lagi dari sekedar anggota dewan itu…

    ~~~
    betul, mas..

  9. hidup petani…., tapi sampe kapan mereka mampu hidup jd petani?

    ~~~
    jangan nanya saya.. saya juga ndak tahu..

  10. Mbahku, mbokku lan bapakku yo petani……saben mulih macul Bapak pesen karo aku…..”Le…..sekolah sing pinter nek wis gedhe ojo dadi petani….rekoso!!!”.
    Aku yo nggumun, petani iku sakjane rajin bekerja…tapi koq tetep mlarat??? Dasar negoro iki pancen negoro aneh……negarane poro koruptor sing doyan sego.

    ~~~
    tapi nasi ndak mbikin orang jadi korupsi lho mas..

  11. Foto-fotomu apik banget, Mas.
    Koyo ngono kenyataan sing tak alami mulai SD sampe SMA dadi petani. Tapi, kalau hanya tanam padi, tampaknya pemerintah kurang melindungi, sehingga tiap panen terlunta-lunta masalah harga.

    Sarono Putro Sasmito
    Redaktur Pelaksana Tabloid Desa Sumsel
    (0711) 7364645 HP 08153801762

    Aku pengen dadi wong sing ora gumunan, suwun

    lha ssampeyan malah gumun gitu kok.. mas redaktur ini gimana sih?😛

  12. mbah jare’ wong pinter2, krn sistim ideologis kita selama ini meng-abstrakkan ruang geografi/sosial , jadi modernisasi kita take off diatas pusaran pasir.

    bukan maburrr…..malah…nyungsep

    ibarate terhanyut di kali yg deras itu keblebeg.. mudah2an bukan karena dipinteri sama wong2 yg pinter itu lho ya… halahh, malah ngarani..

Leave a Reply

