monorel

belum kelar saya tergumun-gumun sama ‘busway’ ada lagi yang lain, proyek monorel. bener kok, saya belu pernah ngrasakke numpak baswe yang jalannya selalu lancar dan ngebut itu, yang punya jalur sendiri dan kendaraan laen ndak boleh melewati (sedangkan dia seringkali melewati jalur laen yang diperuntukan untuk seabrek kendaraan sudah pada ndak sabaran dan kalo jalur sepi sedikit aja bawaannya sudah biyayakan..)

Awal April, Proyek Monorel Dimulai Lagi, judul ini di koran online ini menggumunkan saya.. setahu saya, monorel cuman sepur yang bisa ngebut di atas satu batang rel.. (mono kan one, satu, siji, sitok.. hehehehe)

ah, (teknologi) peradaban memang ndak bisa ditolak..

berikut berita lengkapnya:

Awal April, Proyek Monorel Dimulai Lagi

Laporan Wartawan Kompas Emilius Caesar Alexey

foto dari kompas.com

dok.kompas/ Riza Fathon

Menggarap Fondasi Monorel Dua pekerja merampungkan pembuatan fondasi monorel di Jalan Gelora, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Keberlangsungan proyek ini semakin tidak jelas karena terkendala beberapa masalah, seperti kurangnya anggaran, pembebasan lahan, hingga terakhir disebut-sebut melanggar undang-undang.

~ ~

JAKARTA, KOMPAS – Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan pembangunan monorel di Ibu Kota akan dimulai kembali pada awal bulan April 2007, menyusul dikeluarkannya jaminan proyek oleh Menteri Keuangan. Surat Jaminan ini merupakan syarat yang harus dipenuhi pemerintah provinsi DKI Jakarta, agar kucuran dana dari Dubai Islamic Bank dapat direalisasikan. Hal ini disampaikan Sutiyoso usai ibadah shalat Jumat di Balai Kota, siang ini.

“Saya sudah menerima berita dari sana, bahwa jaminan itu akhirnya dikeluarkan. Mungkin sudah kemarin, mungkin masih belum turun secara fisik, tapi itu sudah di ’anu’- kan oleh Menteri Keuangan. Mestinya awal bulan depan nanti sudah dapat berjalan kita,” kata Sutiyoso.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui PT Jakarta Monorel dari pihak Dubai Islamic Bank sebagai investor proyek ini meminta kepada pemprov DKI untuk dapat memberikan jaminan risiko sebesar 500 juta dollar AS.

Monorel, kata Sutiyoso, merupakan salah alternatif solusi untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Sekali jalan, monorel dapat mengangkut 750 penumpang. Namun, pembangunan monorel diperkirakan tidak akan selesai pada Oktober 2007, sesuai jadwal. Sutiyoso menjelaskan, target pembangunan greenline di tahun 2007 tersebut, berkaitan dengan proyek monorel, sangat sulit untuk direalisasikan karena keterbatasan waktu.

Pembangunan jalur Kuningan-Gatot Subroto-Senayan-Sudirman-Pejompongan-Kuningan diperkirakan selesai 2008. Untuk jalur greenline, dari sekitar daerah Setiabudi menuju Kuningan akan memakan jarak sejauh 14,3 kilometer. Sementara untuk blueline, dari Kampung Melayu ke Roxy mencapai panjang 13,5 kilometer.

Penulis: Glo

Sumber Berita: kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s