armada 737 boeing

musibah dan bencana! negeri ini baru diterpa banyak musibah! bencana alam yang beruntun, kecelakaan laut, darat dan udara. kali ini saya tergumun karena belum ada15 menit saya bangun tidur. saya sudah denger dari tivi tuner di kantor ini, stasiun tv ramai memberitakan soal kecelakaan pesawat yang baru saja terjadi. duh… kecelakaan pesawat lagi.. padahal belum juga panas pemberitaan gempa bumi di padang sumatera barat sana (maksudnya: penanganan bencana) eeeee … sdh ada bencana lagi…
kecelakaan pesawat lagi.. kali ini di yogyakarta.. berarti sudah tercatat 3 kali terjadi kecelakaan di tahun 2007 ini. satu hilang di perairan majene (Boeing 737 – 300), kedua di bandara juanda surabaya (Boeing 737 – 300) dan kali ini di bandara adisucipto yogyakarta(Boeing 737 – 400). wahhhh… saya jadi gumun, kenapa semuanya berjenis pesawat boeing!??

boeing! boeing 737! sejauh saya tahu, di negara asal pabriknya sana, jenis 737 ini sudah menganjurkan untuk tidak boleh dioperasikan lagi. tapi kenapa ya di indonesia masih bisa beroperasi? kayaknya sih karena sudah cukup tua dan sering mengalami kecelakaan.. dan konon, FAA udah melarang terbang! tapi, justru sebagian besar pesawat penumpang yang beroperasi di indonesia justru adalah boeing.. lhadalahhh… iya ndak sih??

prestise naik pesawat! boleh jadi satu prestise kalo ke sana kemari menggunakan pesawat. jogja- jakarta maburr… wuihhh… numpak pesawat murah.. low-cost airline! wuihh, menggiurkan.. tapi jebule numpak pesawat tua, pesawat yang dilarang, pesawat terlarang.. wahhhh.. apa iya ya?

saya jadi berguman-gumun.. apa iya ya boeing yg ‘ngalor-ngidul-ngetan-ngulon’ (bahasa indonesia= ke utara-selatan-timur-barat) itu cuman pesawat bekas? maksudnya, apa iya sih maskapai di indonesia mbelinya 737 second… kalo benar, waduhhhh..

tanggung jawab! kalo udah begini, siapa yang mau tanggung jawab? memang kalo bencana bisa terjadi di mana pun. hanya Tuhan yang tahu. takdir, Tuhan lah yang menentukan. tapi kalo kaitannya dengan kecelakaan spt ini, boleh donk ada pendapat, manusia kan harus berusaha. maksudnya minimal mengelola jangan sampai terjadi kecelakaan.. meminimalisir! pencegahan! atau bahasa kerennya, prevention! strategi low-cost airline kan bukan berarti mengurangi standar pesawat kayak pengurangan di plane-check and maintenance-nya, pengurangan avtur, ngoyo woro soal beban cargo-nya dan sebagainya… ya kan? duhh biyunngg.. ehh apa cuman saya ya yg sebenarnya ngoyo woro begini??

kali ini senewen menghinggapi gumunan saya.. saya hanya berkata dalam batin, semoga para korban diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan.

3 responses to “armada 737 boeing

  1. waduh waduh…kenopo iki indonesia?

    aku yo pendowo sisih lor je om…aku njabung, sampeyan ngendi?

    ~~~
    woo.. sampeyan orang situ to? anak’e sopo?

  2. memang seoarang menteri perhubungan gak bisa berbuat banyak, dia kan juga manusia..
    tapi sebaiknya beliau mundur..

    ~~~
    wah soal itu saya tau, mas…

    ps: kabar pak ‘mantan’ rektor gimana ya? saya baca di detik katanya belum diketahui…

  3. anake simbok ro bapak no om..😀

    sampeyan paling cedak2 seputar nyaen, majegan po njembulan sono po om?

    ~~~
    woo? bukan kok.. saya dulu kerep dolan ke ndesone sampeyan..
    tapi jaman mbiyen pas jaman nippon mbiyen.. mungkin saja simbahe sampeyan seangkatan sama saya.. tapi nek ndak mau ngaku ya ndak papa…😛

Leave a Reply

