tentang pengabdian

jogja turun hujan seharian. saya lupa bawa mantol (jas hujan). saya pun terjebak tak bisa ke mana-mana. jadilah saya bermain-main sebuah lembaga tempat teman saya beraktivitas. cuman bermain-main karena tak ada aktivitas yang cukup berarti. jadi cerita ini boleh jadi tidak berarti pula..

ternyata, mereka (lembaga dan kawan-kawan saya itu) masih konsisten dalam proyek pendampingan korban gempa jogja. ya, ‘konsisten’ sekiranya tepat untuk menyebut mereka. bukan karena sudah dapet funding dari lembaga milik orang sedunia itu, tapi pada semangat mendampingi korban itu. kawan-kawan itu bukan orang jogja, mereka punya status dan tanggung jawabnya di kota asalnya. mereka datang ke jogja karena gempa itu. mereka datang dan berkarya bukan karena sudah ada project berdana. mereka datang bukan karena tawaran kontrak kerja bergaji 25-30 US$ per jam. sejauh saya tahu, sampai sekarang tidak ada catatan soal itu di lembaga itu.

saya ingat, H+4 dari gempa itu. kebetulan saya (tumijo, sang Fiat saya–skrg lagi ngambek dak mau hidup) sedikit melibatkan diri dalam kegiatan salur-menyalur bantuan itu. lama sekali kan.

sampai sekarang teman2 itu masih bergiat di sana. saya ingat beberapa waktu lalu ditanya tempat kalo mau beli bambu. karena jumlahnya banyak, saya pun menjawab tidak tahu. baru hari ini saya tahu bahwa mereka punya program bikin rumah sementara dari bahan bambu itu. sekedar informasi saja. rencananya tanggal 2 maret ini mereka ngadain kethoprak.

‘kawan-kawan, teruskan perjuangan pengabdian itu,’ guman gumun saya berbisik. hujan sudah reda, saatnya saya pamit pulang ke rumah saya.

One response to “tentang pengabdian

  1. eyang saru banget. bukan mantol, tapi mantel. huh!

    ~~~
    huss! ‘jubah hujan’ wae, cuk…

Leave a Reply

