pasar

saphir square yogyakarta..

pagi tadi saya masuk ke pusat belanja itu. megah sekali. sudah beberapa kali masuk ke sana, tapi tidak sampe bagian ke dalam. sebatas warung kopi bernama ‘oh la la’. tidak lebih, tidak kurang. sekitar bulan desember. lama juga ya?

pagi tadi saya masuk ke sana. bukan ngiras jajan kopi ala orang modern itu. tapi saya masuk ke dalam lagi. bukan untuk belanja, bukan pula mejeng tapi bertemu orang. tak perlu saya jelaskan siapa dan utk kepentingan apa. baru saya tahu bagemana gambaran pusat belanja ini. menurut saya bukan mall. ada banyak los berjejer dengan berbagai macam barang yang dijual.

setelah ‘ngobrol’ sebentar saya jadi gumun. saya mendapat gambaran soal gedung ini. saya jadi ingat itc ambassador yang selalu membuat saya kebingungan memilih jalan pulang. saya ingat itc/wtc lain di jakarta sana yang selalu membingungkan pengendara sepeda motor mencari tempat parkir. memang, dibanding pusat perbelanjaan di jakarta, area parkir motor di jogja lebih mudah dicari. area parkir untuk sepeda motor di saphir square lebih gampang kok.

saya jadi ingat pasar beringharjo, pasar sleman yang rame di kala pahing, pasar cebongan dengan kliwonnya, pasar wage di banguntapan bantul, dan sebagainya. saya kepikiran mbok-mbok yang ada di pasar2 tradisional itu. gimana ya kalo pembeli larinya ke pasar modern itu dan gak lagi melirik pasar tradisional yang kotor, becek, yang sarat bau bawangnya, amis dagingnya, dan sebagainya. ke mana lagi ya bisa mendengar sambat, nyang-nyangan (bhs indonesia=tawar-menawar), obrolan, dan gojegan khas antar pedagang itu? (halah saya hiperbolik ya??)

saya ingat tetangga saya. dia adalah penunjuk waktu bagi saya. jika mobil pengangkut para pedagang itu sudah lewat di depan rumah saya berarti tanda sudah jam 02 pagi.

ah, saya semakin tergumun-gumun melirik peradaban ini..

One response to “pasar

  1. walah….bisa bikin sya gumun juga cerita tentang pasarnya!
    wah, apal dino pasaran jebule!
    *ojo2 preman pasar ki?*

    ~~~
    sampean bisa aja mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s