kanker: the bad memorial

sebuah judul tiba-tiba membuat saya terhenyak. sebuah tulisan (atau lbh tepatnya sebuah pengumuman sebuah program kerja) di wikimu berjudul “Hari Kanker Sedunia 2007 ‘Kanker pada Usia Muda’” ini mengembalikan pada ingatan yang terjadi 3 tahun yg lalu.

kanker darah.. hemm.. siapa mau melawan? almarhumah adik saya mengalami hal itu dan menyelesaikan pertarungannya di usia muda pula, 25 tahun. berawal dari rutinitas tes kesehatan (diagnosa/check darah) dari tempatnya bekerja. hasilnya mengejutkan, komposisi darah putih dan merah tidak berimbang. duh, biyung… jangan jangan?

awalnya kami enggan berpikir sampe ke penyakit ini. tapi tetep saja ada ketakutan besar di hati kecil saya. dan benar, akhirnya setelah uji laborat paling akhir, keluar vonis bahwa adik bungsu saya mengidap kanker darah, leukemia.. ya, vonis itu dapat dipastikan setelah diadakan check sungsum tulang belakang. ya Tuhan, kau memberinya penyakit yang sangat ganas dan paling ganas dari jenis leukemia. dan adik saya bertahan 6 bulan hingga tiba giliran sang Tuhan menjaganya di sana.

dokter ternama, berkelas, dan katanya paling jago soal kanker di sebuah rumah sakit negeri di jogja saja tidak mampu. optimismenya hanya berjalan di bulan pertama hingga kelima. kunjungan 5 menit setiap pagi selama 6 bulan itu tak nampak hasil positif. bantuan darah per 300 cc dari 30an sahabat dan usaha lebih dari 50 sahabat lain (yg trnyata tidak layak untuk diambil darahnya) tidak mampu melawan itu.. 100 juta lebih itu ternyata hanya mampu menebus obat (yg katanya standar luar negeri, bukan generik) dan biaya hunian kamar. (yg setiap hari jumat selalu ditagih, melalui telepon pula! huhh… bikin psikologis pasien drop, tauukkk!!!)

dan ternyata benar, pakar dan fasilitas dapat dibeli, kehidupan takkan ada yang mampu..

6 bulan saya juga hidup di rumah sakit itu. dan akhirnya saya baru sadar bahwa dia harus dan siap untuk pergi ketika dua hari di akhir hari adik saya berkata (entah kepada siapa), “adik-adik, sebentar ya? tunggu sebentar ya…”
ah, ternyata kamu menunggu semua kakakmu datang semua, dek… mungkin untuk pamit..

happy valentine, woro… damailah engkau di surga-Nya…

30 responses to “kanker: the bad memorial

  1. ikut sedih, mas. semoga almarhumah bahagia di sana🙂

    ~~~
    makasih mbok…

  2. waaa…..aq jd ngs lg bc tulisannya mas (****)….
    nyeseeeeellllllllllll bgt wkt itu aq g ad sat2 trakhirnya…..
    tp qt brdoa aj mg mb woro bhgia y d sna… =)

  3. Menang hidup ini berjalan dengan kekuasaan dan rahasia dari Allah SWT. Kita hanya dapat meminta kekuatan jiwa dan kesabaran. Saya pun memiliki isteri yang menderita Lupus. Penyakit yang berjalan tahunan ini pun tidak mudah penyembuhannya secara medis. Bahkan berbagai dokter spesialis telah kami kunjungi namun isteriku belum bisa sembuh total. Mohon doanya. Terima kasih.
    Sarono Putro Sasmito
    Redaktur Pelaksana Tabloid Desa Sumsel
    dan Pemimpin Redaksi Buletin Suara Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir Sumsel

    Website: tabloid-desa.com atau sarononain.blogspot.com
    HP 08153801762

    semoga istri sampeyan lekas sembuh, mas..

  4. Sadma Lastyanta

    Walo telad. saya ikut berduka mas Gumun.

    Beberapa waktu yg lalu saya juga kehilangan keponakan, 16th, akibat leukemia, setelah berjuang selama 1 tahun.

    Selama setahun itu dia dengan semangat yang luar biasa menjalani pengobatan di rumah sakit swasta terkenal di yogya.

    Selama setahun juga dia selalu menyatakan “sudah baikan oom” ke saya jika saya SMS tentang kabarnya.

    Namun Tuhan berkehendak lain.
    Semoga dia damai di sisiNYa.

  5. Cha zie sayang banget ma cha,,zue ga mo kehilangan cha,zie yakin gha bisa sembuh,berdoa dan berusaha yang hanya bisa kita lakukan,,,cHa u loVe you

  6. aku yakin khok, woro wes seneng neng sandinge Gusti mas =)

  7. mas..
    sekarang saya juga punya seorang mantan berumur 17th yang mengidap kanker darah…
    dia masih menginginkan saya mendampingi dia seperti dulu… tapi saya tidak bisa, karena saya sudah mempunyai kekasih ang lain..
    dia selalu menangis di hadapan saya…

    tapi di satu sisi saya tidak ingin kehilangan dia..
    saya ingin dia sembuh…
    saya juga bersedih, sangat bersedih

  8. saya dulu penderita leukimia stadium 3 tapi saya punya keyakinan bahwa saya bisa sembuh saya selalu berdoa kepada tuhan yme semoga saya diberi kesembuhan akhirnya tuhan mengabulkan doa saya saya dulu diperkirakan dokter umurku tinggal berapa tahun lagi sekitar umur 20 thn sampe aku menamatkan kuliah aku masih menjalani pengobataan yang luar biasa mahal tapi setelah aku menikah dan mempunyai anak mukjizat itu dateng aku dinyatakan sembuh oleh doketr…oh yah saya menderita leukimia dari umur 10 tahun sampe saya dinyatakan sembuh oleh dokter buat semua orang yang menderita leukimia klian harus yakin kalo kalian bisa sembuh dan berjuang hidup untuk lebih lama

  9. ibu echie yth,

    thanks for the power of God..

    saya senang karena pengalaman dan keberuntungan luar biasa Anda itu. jujur saja, saya harus iri kepada Anda.

    memang, kemungkinan untuk sembuh lebih besar pada penderita yang terdiagnosa pada usia dini itu (10 tahun ke bawah). saya ndak tau apa jenis leukemia yang mampir ke tubuh Anda. karena penyakit ini memiliki beberapa jenis. selain itu, karakternya pun berbeda jika diagnosa tersebut ditemukan pada usia anak-anak, dewasa, dan lanjut-usia.

    dan ibu teman saya yang terdiagnosa pada usia 65 tahun pun berhasil sebuah dalam jangka waktu pengobatan kurang dari 3 tahun. saya ndak tahu, apakah ini memang keputusan-NYA.

    kebetulan, hasil diagnosa adik saya almarhumah adalah Acute Myloblastic Leukemia (AML). sejauh saya tahu (sebagai orang awam), jenis ini datang secara mendadak dan usia dewasa 20-30an tahun. kerja penghancurannya pun luar biasa.. andaipun ada yang bisa dan mampu bertahan lebih dari 3 tahun, saya pikir barangkali Tuhan punya rencana dan keputusan yang lain.. and nobody knows about.

    but, terima kasih atas sharing pengalamannya..

  10. saya ikut sedih mndngar crita mas trsbt. .
    saya seorang cew yg berumur 15 thn,dan ingin bertnya ap sh pnybab leukimia itu?apa kah ada obat penyembuhnya?
    memang terkadang sulit bagi kita untuk menerima kenyataan tersebut,sulit pula bagi kita untuk sabar dan menghadapinya dengan senyuman..
    terkadang juga kita merasa bosan dengan apa yg terjadi pada diri kita,ingin sekali rasanya lari dari kenyataan ini!muak dan penat sudah ku rasakan…

  11. leukimia….
    Kata yang ku kenal sejak aku sd..
    Tapi sekarang mau tidak mau aku harus lebih dekat dgn kt ini..
    Pacarku mengidap leukimia,,dia berusia 20 thn skrng.
    Air mata selalu mengalir saat mendengarnya mengatakan bahwa dia sudah capek,dia tak kuat lagi.Semangatnya untuk berjuang bisa dibilang hampir tidak ada,dia sangat putus asa…Upaya sekuat tenaga telah dikerahkan,,tapi apa kata para dokter,”tak ada gunanya,hanya mengulur-ulur waktu”..Sudah 2 kali dia cuci darah..
    Sekarang kami hanya memohon mujizat drNya..
    Semoga sembuh ya yank…
    I luv U nenk…

  12. aku juga punya pengalaman yang sama dengan kalian semua, pacarku kena leukemia,ortunya tak pernah ingin ia tau,hanya aku yang tau,berat rasanya menanggung ini semua,dia sampai kini tidak pernah mau berobat,masalahnya terlalu banyak dengan keluarga,pekerjaan, ya dia kini masih menganggur,kenapa Tuhan kejam kepadanya..!!!!!!!!!

  13. Setelah membaca kisah-kisah yang, sungguh sanggat-sangat menyedihkan tak terasa air mata ini menetes, baru kemarin aku tahu orang yang sudah kuanggap adik juga terkena kanker darah yang sudah stadium 2, stress rasanya mendengarkan keluhan-keluhan adikku, tapi apalah daya aku harus bertahan tuk memberikan semangat hidup kepada adikku itu, Ya Allah berikanlah kemudahan tuk menjalani hidupnya, kk akan senantiasa disampingmu meski hidup membatasi gerakmu……..mohon sharingnya kalau ada yang tahu pengobatannya.

  14. pacar ku skrng mengidap leukimia..aq ngga tau jnsnya apa..dia orangnya tertutup slalu berusaha sendiri ..pd akhirnya sampe sekarang dia masih dirawat..yg aq sesalkan,aq ngga bisa menjanganya menemaninya memberi semangat tuk dia krn terhalang jarak yg jauh. aq hanya bisa mendoakan dia supaya d beri ketabahan kekuatan untuk bisa sembuh. YA ALLOH aq hanya bisa memohon berikan kesembuhan untuk dirinya.AMIN

  15. Ya 4jj berikanlah ketabahan pada kami hamba-hambamu yang lemah semoga dapat menghadapi semua cobaanmu sembuhkanlah dari penyakit tersebut. i’m like it,my girl’s leukimi’as. live must go on !!!

  16. Saya turut berduka mas Atemo….
    Istri saya pernah kena kanker lidah thn 2002 yang menurut dokter juga berkembang cepat dari hari ke hari dan menyerang kelenjar getah bening. menurut dokter, istri saya hanya bisa bertahan 2 tahun. Saya panik karena anak anak masih kecil. Menurut dokter, pengobatan hanya bisa di Singapura dan mahal biayanya. Saya hanya ingin istri saya sembuh karena saya tidak mau membesarkan anak anak sendirian. Semua harta benda kami jual mulai dari rumah ,mobil, dll. Harta yang tersisa hanyalah anak anak tercinta. alhamdulilah operasi dan pengobatan berjalan baik, meski meninggalkan banyak utang tapi tidak masalah yang penting istri saya sehat. Sampai hari ini kami masih bersama membesarkan anak anak….Kita tahu bahwa Allah sangat sibuk, tetapi disela sela waktunya, masih sempat Beliau memberi cobaan kepada kita. Artinya beliau masih melihat dan sayang kepada kita. . Kami bersyukur Allah memberi cobaan ini, karena membuat keluarga kami menjadi semakin tangguh dan kuat menghadapi kehidupan. Salam kepada pak Sarono, mas Hery, rekan Thianpong, dek Azizah, bung Sadma, mas Ganda, dan rekan rekan yang lain.

  17. saya turut sedih, semoga almarhumah dtrima disisinya!
    saya juga mengalami hal yang sama dgn adik anda. dan saya amat bersyukur memiliki keluarga yang selalu memberi semangat untuk hidup.

  18. hidup bukanlah pilihan melainkan suatu keputusan.
    aq ykn, smw orang punya jln masing-masing.
    tergantung dari bagaimana kita memandang masalah itu. aq mengidap kanker sudah lama. tanpa spengathuan ortu aku terus menyimpannya. bahkan aq mengkonsumsi obat penggemuk badan karena takut ortuky tw.sampai sekarang, aku masih tetap berdiri.
    aku tak pernah menyesal. karena aku tw, walaupun aku mati nantinya, aku tak pernah berhenti berusaha dan berjuang. god bless u

  19. Salam…

    Entah kenapa keluarga saya sangat dekat dengan kanker. Kakek saya kena kanker sinus (mudah-mudahan sembuh total), tante saya/adik papa kena kanker usus (dah almarhum), dan kakak saya kena kanker darah tipe ALL (Acute Lympoblastic Leukemia) di stadium 2 namun berevolusi lagi pada akhirnya. (baca tulisan di blog saya http://wijooyoo.blogspot.com/2008/06/perjuangan-melawan-ganasnya-kanker.html )

    Dengar-dengar skrg udah ada teknologi sel primer yang bisa menyembuhkannya lho…(mana tau ntar ada relasi yang mengalami hal serupa)

    Silahkan cari referensi dari dokter yang teruji.

    Wijoyo Simanjuntak
    wijooyoo@gmail.com

  20. Huh berat juga yah…! gimana yah aku mau nulis na juga susah! air mata ku ga bisa kutahan lagi! aku cuma minta doa dan masukkan na aja! karena aku sekarang ini sedang mengalami hal yang pernah adik mas alami! emang kejadian na ga terduga bgt, aku juga ga percaya kalo aku bisa kena leukimia tipe Acute Myloblastic Leukemia (AML)! aku dah berjuang selama 1 bulan melawan penyakit ini! aku ga tau sampai kapan aku bisa melihat indah na sinar bulan
    merasakan hangat na matahari
    menghirup napas disaat aku terbangun dari tidur
    Huh Tuhan kenapa kau beri cobaan yg begitu berat.

  21. mas saya turut berduka
    saya juga dapat merasakannya sebab pacar saya juga mengalami penyakit yang sama seperti adik mas.
    hingga sekarang saya tetap berusaha mencarikan obatnya
    saya juga terus memberi semangat dan kasih sayang agar semangatnya hidup juga ada

  22. pacarku baru aja di dagnosa terkena kanker darah juga, ada saran gak? aku bingung banget nih sekarang? help pleze

  23. Aku turut berduka cita
    Hari ini aku sedang menghibur diri dari penyesalanku.
    Aku punya temen yg menderita kanker darah mungkin jenisnya Acute Myloblastic Leukemia (AML) karena dia bilang di vonis dokter hanya bertahan 1 minggu. Penyakit itu datang tiba-tiba, mungkin karena kecapean dan lupa makan. Aku sudah bilang akan datang ke rumahnya utk menjenguknya rencanaku aku datang hari Minggu, 8 Februari 2009 tp karena kesibukan pekerjaan yg gak bs ditinggal aku undur rencana itu. Tiba-tiba d hari Rabu aku d sms bahwa temanku itu sudah berpulang k rahmatullah.
    Betapa aku menyesal tp penyesalan kpd siapa karena aku tak berdaya, aku yakin Tuhan punya kehendak lain. Aku tahu bila aku datang menjengukmu kemarin kamu pasti bahagia, tp aku lebih yakin lg kamu lebih bahagia sekarang damai d sisinya. Ya Allah ampuni hambaMu. Tempatkan ia d surgaMu. “Amin”

  24. Aku juga ngalamin hal yX cma ky’ Xan cMUa…Pacar’qU pny peNyakit leukimia juga.Dan aku rU taU cKrg..Pacar’qU ga’ perNah biLang k’AqyU,malaH keL’na yX kcH taU k’AquW…Mungkin Karna Pacar’qU ga’ maU aqyU terlalu kepikiran…yX isa AquW Lakuin cKrg hanya kch Semangat Wat dy…Kch Cinta & KasiH Sayang’qU untuK dy.

  25. ibu saya baru aja 18feb msk rmh sakit.
    ini hari 24 feb, dokter bilang dia kena leukemia AML.

    bingung saya, harus gimana….

  26. reko…bila ibu reko terkena penyakit kanker.. minum aja obat racikan dari buah mahkota dewa…karna tante yang aku sayangi juga pernah ngalami penyakit ini…setelah minum obat racikan buah mahkota dewa…tante saya berangsur-angsur sembuh…
    caranya …buah mahkota dewa di iris tipis-tipis..jangan lupa jangan memakan bijinya dan memakan nya tampa di racik terlebih dahulu karna buah ini bikin mabuk atau berakibat fatal..
    lalu di jemur sampai kering…setelah itu di rebus dan di minum…
    daaaa…end met mencoba…

    adell

  27. aku tgl d smg n puna cwo yg tgl d jkt,,
    kmrn mlem tgl 7 maret 2009 dy bru ksi tau aku klo dy skt kanker darah sejak 2th lalu,tp aku g tw byk ttg pyktnya itu cz dy gag pnh mw crita atopun ngbahas penyakitnya itu
    dy gag mw ksi tau k kluarganya ttg sktnya itu,ak adalah org k-4 n kata dia mungkin bakal jd yg t’akhr taw ttg sktnya stlh dokter n 2 shbtnya..
    typ aku ajak ngmg ttg sktnya itu,dy sll gag mau
    dy sll minta d anggp spt org nrml yg gag sdg skt.
    aku g bgrt kudu gmn agar dy mw d ajak bcra ttg sktnya itu..
    ada yg bs ksi saran??????

  28. setelah aku baca tulisan tulisan duka yang mendalam akibat leukeumia aku baru sadar bahwa aku tdk sendirian yang mengalami kenyataan hidup seperti ini, aku harusnya bersyukur ternyata aku masih diberikan waktu sampai detik ini. tuhan masih masih memberikan karunia nya kepada ku. meski kurang dari seminggu lagi aku harus melakukan cuci darah yang selama ini aku takutkan. tapi karna waktu nya udah tiba semuanya ku ikhlaskan, aku pasrah tapi aku selalu berdoa semoga tuhan masih memberikan kesempatan meski cuma sebentar untuk hidup. hanya satu aku bertahan hidup, aku ingin melihat adik angkatku di wisuda meski waktu nya masih lama, tapi aku ingin bertahan melawan sakit ini.tuhan tidak akan segan segan memberikan muzizat bagi umatnya yang sabar…….itu yang selalu ada dalam hati kecilku. buat saudara saudara ku yang mengidap kanker darah sepertiku ” sabar dan berdoalah ” karna sabar dan doa adalah obat termahal yang tidak bisa dibeli dengan uang. aku pamit….doaku slalu ada untuk semua………………

  29. cow aq jg penyakit leukimia stadium 2 kata dokter umur nya tgl 1tahun lg

  30. Saat ini pacar aku juga kena kanker darah disertai hipertensi pada usia 19 tahun dengan kondisi saya kerja di perantauan luar pulau. Dan saat ini ibunya juga kena kanker getah bening yang sedang dalam masa kemoterapi. Tidak mungkin pacar saya cerita pada ibuny yang juga sakit….mau tidak mau cuma pada saya dia bercerita dan itupun pada awalnya tidak terus terang.
    Sama seperti perasaan kawan-kawan semua, sangat sedih ketika malam-malam dalam telepon dengan kondisi menangis terisak-isak, sesak dalam dada, darah terus menetes dari hidung, tidak seorang disana yang tahu sakitnya kayak apa. Sakit sekali……cuma doaku pada yang di atas semoga penyakit yang ada pada diri pacarq segera berlalu..amien…

Leave a Reply

