bedhol deso di sebuah kantor

hari ini saya pergi ke sebuah perusahaan jasa langganan klien saya. seperti tanggal2 dan bulan2 sebelumnya, yang saya cari adalah marketing yang ngurusi pasca-pekerjaan saya.

tengak-tengok kanan kiri kok gak ada? lhah? beberapa muka yang sempat saya kenal juga gak nampak. “ke mana mereka?” saya mbatin saja.

saya cari bossnya. wah nggak ada juga. lhoh? ke mana?

setelah saya tanya ‘pak ini’, ‘pak ini’ dan ‘pak ini’ pada ke mana, dijawab bahwa mereka pada pindah, ternyata pada pindah kantor. oo.. tapi kok gak tanggung2.. semua pindah (hampir nding!). bedhol deso.. begitu saya mbatin.. wah? perusahaan ini mau bangkrut nih..

beberapa hari kemudian saya baru tahu. ternyata mereka berombongan pindah ke perusahaan lain yang juga sejenis. wah? dibajak. pembajakan karyawan. bukan, pikir saya. yang dibajak satu, yang paling atas trus yang dibajak narik yang lain, anak buahnya. kok bisa ya?

dan kok mau ya yang lain ikut keluar dari perusahaan itu? lha wong jelas yang dibajak atasannya.. kok mau jadi bawahannya lagi ya? coba kalo ada yang bertahan, barangkali dia naek pangkat menggantikan posisi bosnya. ya to? maksimale ketika ketemu mantan bosnya itu, kata ‘pak’ tidak lagi berkonotasi pada atasan, tapi lebih dalam kesetaraan antar teman lama. lha kalo masih mbuntut kaya gitu. ya selamanya dia menjadi ngisoran, bawahan.. sampe taun ‘dal’ pun masih seperti itu..

tapi namanya juga memilih pekerjaan dan jadi pekerja, ya jadinya ya jadi pekerja. pasti dipilih setelah dipikir. pasti sudah dihitung peluang2, kemungkinan2, dan tentu saja soal pendapatan.. dan itulah pekerja baik, loyal, dan berdedikasi kepada atasan.. semua adalah pilihan. lebih enak punya pilihan daripada sama sekali tidak punya pilihan.

gumun saya, figur atasan (bos) tadi sangat hebat ternyata. bagaimanaa tidak? salah divisi mau digondol semua. huebat sekali, bukan! atau ada kemungkinan yang lain di perusahaan lama itu. demikian gumun saya hari ini…

Leave a Reply

