tergumun melirik peradaban : sekadar prakata

gumun melirik peradaban

*) sekadar prakata gumun

the-atemo1.jpg**) gumunan: sekadar prakata gumun
Apa ya? Kosakata dari bahasa Jawa.. Menunjukkan sebuah gambaran sikap.. Kata ini mungkin sangat ‘identik’ untuk orang Jawa.. Gumunan.. Kadang-kadang bikin gemes, bikin seneng dan bisa bikin sewot, senewen dan kawan-kawannya… Karena itu mungkin orang (umumnya ibukota) ngomel begini, “ih, jawir lue!” “udik lue!“.. Duh biyung!
gumun, gumun-an dan ke-gumun-an?

Bukan kagum, bukan heran, bukan pula terpesona… Yang pasti adalah ‘gumun‘ punya kacamatanya sendiri. Gumun atas apa yang di-lihat-rasa-pikir-kan.. Gumun seringkali dicap sebagai sikap yang selaiknya tidak dilakukan.. ‘ojo!’ atau ‘jangan!’ kerapkali menyertainya. Frasa ‘ojo gumun!‘ atau ‘ojo gumunan!‘ seringkali dibarengkan bersama 2 hal yang dianggap kurang baik (dumeh dan kaget/kagetan)..

“Ojo Dumeh!” “Ojo Gumunan!” dan “Ojo Kagetan!”

Untuk keduanya tidak usah dibahas karena anggap saja itu wilayah yang lain… Presiden RI kedua, pak Suharto katanya sering mengungkapkn hal itu.. Dan mungkin karena kebesaran nama dan kuatnya prinsip falsafah ke-Jawa-an beliau lah sepertinya ‘mencubit’ wartawan sebuah majalah internasional berjudul “Time”. Majalah ini terbukti menjalin-rangkaikan kata ‘gumun’ bersama kata-kata yang lain ke dalam kalimat-kalimat dan paragraf-paragraf yang kemudian disebut dengan tulisan berita..

Budayawan Emha Ainun Najib pun pernah, “ORANG yang gumunan sering mengatakan, satu orang Jepang kualitas dan tenaganya sama dengan 5 orang Indonesia. Sementara satu orang Korea sama dengan 3 orang Jepang. Jadi 15 orang Indonesia baru bisa menandingi satu orang Korea. Yang dibandingkan adalah stamina dan etos kerjanya, keuletan dan kerajinannya, kadar profesionalitas dan manajerialnya.”

wadaow?? Jika kebetulan Emha membaca prolog ini, saya pasti bangga… Tapi saya takut kalo ternyata beliau kurang berkenan dan saya diajak debat??? Ampun deh pak..

Pendapat Emha berbeda dengan Jaya Suprana. Tokoh rekor indonesia ini bilang “Herannya, mengapa … harus …. ojo gumunan (jangan mudah kagum) dan ojo kagetan (jangan gampang terkejut)? Buat saya, penting lo kaget, supaya kita waspada. Lalu, ojo gumun, menurut saya kok arogan banget kita. Kita harus gumun, tapi jangan berhenti sampai gumun.”

Wah, angkat 4 jempol buat pak Jaya…

Sebenarnya masih banyak penilaian perihal ‘gumun’ dan ‘gumunan’ maupun ketika ‘gumun’ itu digunakan untuk meledek… Ada seorang blogger dari ‘daerah’ datang ke Jakarta. Sesampai di Jakarta dia mengisi blog-nya dengan singkat, hanya judul “Saya sudah sampai Jakarta.” Isinya begini, “huwahhhhhhh’ sudah sampe di Jakarta! Amien, bisa sampe dengan selamat

Tapi apa komentar teman-teman? Lucu-lucu kalo dibaca… Ini menunjukkan kedekatan emosi dengan empu blog itu.
Comment teman I: “hehehe .. ati-ati neng ibukota, wong ndeso biasane gumunan 😛 hehe ‘ eh thanks for the idea of b2, etc. Have a nice trip !”

Empu blog: ” hehehe’ iyah, saya gumun pas liat metromini’ hihihih’ ok, you’re very welcome.. can’t wait your coming b2 :)”

Comment teman II: “weh’dah nyampek sunda kelapa kok ya ndak bilang2’hu-uh’ ”
Empu blog: “wedew.. iyah.. di sunda kelapa ini *sambil manjat pohon kelapa* :P”

dst..dst

Si empu blog membalas comment temennya dengan tak kalah seru..

Tapi, kenapa gumun harus jadi milik “wong deso” ya? Milik orang yang tertinggal? Yang jalan di tempat?

Dan, saya juga orang desa.. Kok pas ya?(Duh, nyambung gak sih kutipan-kutipan ini?)

Barangkali kalo kebetulan pak Emha dan pak Jaya kebetulan lewat blog ini mau ngasih jawaban atas kegumunan ini, saya pasti bangga..

Semoga Anda yang kebetulan lewat di sini bukanlah orang yang mudah gumun. Bukan orang ndeso dan tertinggal seperti saya. Hehehe!

Tapi anda boleh gumun seperti saya. Untuk gumun siapa takut! Asal jangan sampai ada UU yang mengatur tentang ke-gumun-an..
haikkkssss!!!

regards,

dari dusun melihat peradaban

23 responses to “tergumun melirik peradaban : sekadar prakata

  1. aku yo gumunan kok lek….ndeso pisan!!
    wakakakak

    ~~~
    lha kalo kalo orang kota masih gumun, itu kebangetan..

  2. gumun gak papa asal bukan GUru MUNyuk😀

    ~~~
    huehuehueheu… bukan mas..

  3. Upsss…lali…
    salam kenal mas…
    Tepangaken, kulo “manusia biasa”

    ~~~
    emang ada manusia yg ndak biasa?
    salam kenal juga

  4. salam kenal mbah atemo…
    mirip nama eyang saya lho…

    ~~~
    nama eropah saya atemo de koro.. nama jawanya: atemodikoro
    salam kenal juga mas…

  5. inyong gumun pisan… ora entong-entong….
    rika ko deneng teyeng nulis kaya kiye Kang…

    inyong sih udu grup musik…. mung grup munyuk…
    sing esih gumunan :))

    ~~~
    halah.. inyong bengungg rika malah ngomong kayak kiyekk
    weteng inyong nganti kencot mocone..😛

  6. Salam untuk sesama kamso.

    Saya mengartikan gumun itu sebagai heran, bukan kagum. Tapi entah apa bahasa Jawa untuk kagum. Kagum akan melahirkan pujian (pangalembana), kalau heran tidak.

    ~~~
    terus heran melahirkan siapa? waduh.. sampeyan serius banget.. tambah gumun aku.🙂

  7. Tapi, kenapa gumun harus jadi milik “wong deso” ya? Milik orang yang tertinggal? Yang jalan di tempat?

    Ah, orang kota juga gumunan kok.
    Salam kenal mas. Saya juga orang dusun, dusunku di selatan kratonnya ratu boko yang suka makan orang.

    ~~~
    salam kenal juga.. *salaman*
    piyungan mas? saya jadi ingat bapak saya agak mekso bikin plesetannya..
    ‘piyungan’ jadi ‘pyongyang’.. hohoho.. jangan dimakan lho mas

  8. siapa bilang cuma wong ndesa yang gumunan… teman saya, orang kota nglothok juga gumun liat kebo… pake lunjak-lunjak segala, je….
    hidup gumun…!!!

    yg begitu ‘kampungan’ kalik ya.. :))

  9. gumuun aku…., gumuun…, gumun…!

    artine sampeyan masih sehat mas..😛

  10. gumun adalah milik semua orang bukan hanya wong ndesit thok. orang jakarta yg notabene orang kota pun akan gumun melihat sesuatu yg yang “tak biasa” misalnya. tempat mengeliminir cap gumunan biasanya adalah lembaga atau int pendidikan, sekolah atau kampus misalnya. org yang gumunan atau bahkan yang adabnya minus sering diunekke “Ooo dasar ra tau mangan sekolahan……” Lha kalo sudah sekolah sampe gadjah modo yo tetap gumunan siapa yang salah???

    lha sing salah terus sopo mas?🙂

  11. Flo cuma mampir oom..
    Blognya lucu, yojo banget..koyo papiku…
    Salam kenal ya…

    oke, ngger…

  12. blog cah jogja banget…nganti koyo lapen rasane…kekekeke

    bedane sing iki ndak pake gendul mas..🙂

  13. Mbah Atemo, mpun nate ndemok tugu nopo dereng? Nek dereng berarti Mbah menika wanci puyantun ndeso… hehehe… Nopo hubungane nggih, Mbah? Salam tepang nggeh, Mbah. Mbahe niki mesti saben ndinten sawang sinawang blog-ipun piyambak sinarengan gumun. E la dening pancen si Mbahe niki gumunan kok nggeh? Lha sami kalian kulo nggeh mbah… wong dusun gumunan.

    Lha kok malah nggambleh dewe ki piye yo?

    Mpun lah, mbah. Sugeng tepang. Nuwun. Pareng.

    (Ealah! Sandhale ketinggalan!!!)

  14. Om . .om masih inget dede ndakk ?
    kalo kegunung ati2 nyasar n jgn lama2 yo
    nanti kluar bulunya . . .he he hee

  15. Mbahatemo piyantun jogja nggih?
    Nderek nepangaken kulo nggih jogja ming pinggiran, gunungkidul mbah.
    gumun mboten?

  16. Katanya ada photo mas disebelah kiri.. yang mana sih? ada nya gambar m*ny* itu yah? pasti BUKAN dirimu kan… heheheh.

  17. Mbah… nderek gumun nggeh!

  18. Salam kenal mbah..jian kayane koh njenengan wonge kocak pisan yah, ah tapi ya mbuh ding aku ra ngerti soale rung tau ketemu tuk rai…

    Salaman Mode : ON

  19. sugeng tepang mbah…sami-sami tiyang kamso…sanes tiyang listrik nopo malih tiyang “tiyung” heheheh

  20. unga berkunjung.. mbah..

  21. mbok di apdet to mbah. ndesooo tenan kok kowe ki …

  22. hehehehehehe

  23. gumun enyonge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s